KOMPONEN DAN ELEMEN SISTEM INFORMASI

KOMPONEN SISTEM INFORMASI
Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut blok bangunan (building blok), yang terdiri dari komponen input, komponen model, komponen output, komponen teknologi, komponen hardware, komponen software, komponen basis data, dan komponen kontrol. Semua komponen tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran.

  1. Pengertian Input
    Input adalah istilah yang menunjukkan baik sebagai pintu masuk atau perubahan yang dimasukkan ke dalam sistem dan yang mengaktifkan atau memodifikasi proses. Ini adalah sebuah konsep abstrak, digunakan dalam pemodelan, desain sistem dan eksploitasi sistem. Hal ini biasanya dihubungkan dengan istilah lain, misalnya, kolom input, variabel

    input, parameter input, nilai input, sinyal input, port input, perangkat input dan file input.Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

Jenis-jenis, dan Fungsi Input

  • Keyboard
    Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
  • Mouse
    Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Dan juga sudah ada mouse yang tidak menggunakan kabel tapi menggunakan wireless
  • Touch Pad
    Unit input ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
  • Light Pen
    Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik
  • Joy Stick dan Games Paddle
    Joy stick pada umumnya sering kita gunakan pada playstation, tapi seiring berkembangnya zaman alat ini juga biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
  • Headset atau Headphone
    Alat ini adalah sesuatu untuk mendengarkan suara, berfungsi untuk mendengarkan suara lebih jelas dibanding alat pendengar lainnya. Bentuk headset lebih kecil dari bentuk headphone,
  1. Pengertian Proses
    Proses adalah turunan dari program komputer yang sedang dijalankan. Ini berisi kode program dan kegiatan saat ini. Tergantung pada sistem operasi (OS), proses dapat terdiri dari beberapa benang eksekusi yang mengeksekusi instruksi secara bersamaan.

Jenis-jenis dan Fungsi Proses

  • Power Supply
    Power supply adalah perangkat yang memasok tenaga listrik ke beban listrik. Istilah ini paling sering diterapkan untuk konverter daya listrik yang mengubah satu bentuk energi listrik yang lain, meskipun juga dapat merujuk ke perangkat yang mengkonversi bentuk lain dari energi (mekanik, kimia, solar) menjadi energi listrik. Power Supply berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC dan mensuplai tegangan ke perangkat keras komputer seperti: motherboard, harddisk, floppy disk dan CD Room. Power supply mempunyai 2 jenis, yaitu: power supply jenis AT dan power supply jenis ATX
  • Motherboard
    Motherboard adalah komponen yang sangat penting pada komputer yang berfungsi untuk tempat memasang berbagai perangkat komputer seperti: RAM, prosessor, VGA Card, LAN Card dan perngkat yang lain. Motherboard sendiri didukung oleh beberapa chispset yang berfungsi untuk mendukung kinerja komputer.
  • CPU (Control Processor Unit)
    CPU atau prosessor adalah otak dari komputer, komponen ini berfungsi sebagai pengendali proses pada komputer. Satuan dari kecepatan prosessor adalah MHz, sehingga semakin besar nilainya maka semakin cepat kecepatan akses prosessor.
  • Memori (RAM)
    Memori atau RAM adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan data yang bersifat sementara, artinya jika komputer dimatikan maka data yang disimpan di dalam memori akan dihapus secara otomatis. RAM sangat mempengaruhi kecepatan akses komputer sehingga semakin besar kapasitan RAM maka semakin cepat pula kecepatan akses pada komputer.
  • Hard disk
    Hard disk merupakan media penyimpanan terbesar pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data dan aplikasi dengan skala besar. Hard disk juga terbagi atas 2 bagian, yaitu hard disk internal dan hard disk external.
  • Wireless AdapterZ
    Wireless adapter adalah yang dipakai oleh komputer client untuk menerima dan mentrasmisikan sinyal. Wireless adapter mempunyai prinsip kerja yang hampir sama dengan sebuah access point, tetapi lebih sederhana. Apabila dalam sebuah access point terdapat memory maupun processor maka pada wireless adapter penggunaanya tidak sekompleks access point.
  • VGA Card
    VGA adalah komponen yang berhubungan dengan peralatan pemroses grafis, sehingga semakin bagus VGAnya maka semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan. Berfungsi Untuk menampilkan output process ke  monitor
  • ALU (Arithmetic Logical Unit)
    Unit aritmatika logika (ALU) adalah rangkaian digital yang melakukan aritmatika integer dan operasi logis. ALU adalah sebuah blok bangunan fundamental dari central processing unit komputer, dan bahkan mikroprosesor sederhana mengandung satu untuk tujuan seperti menjaga timer. Berfungsi untuk melakukan suatu proses  data yang berbentuk angka dan logika,  seperti data matematika dan statistika.
  • ROM (Read Only Memori)
    ROM adalah kelas media penyimpanan yang digunakan dalam komputer dan perangkat elektronik lainnya. Data yang tersimpan dalam ROM hanya dapat dimodifikasi secara perlahan atau dengan kesulitan, sehingga hal ini terutama digunakan untuk mendistribusikan firmware (software yang sangat terkait erat dengan hardware tertentu, dan tidak perlu sering update). Berfungsi untuk Untuk menyimpan firmware.
  • PCI (Peripheral Component Interconnect)
    PCI adalah bus perangkat keras yang dirancang oleh Intel dan digunakan di kedua PC dan Mac. Kebanyakan kartu tambahan seperti SCSI, Firewire, dan pengendali USB, menggunakan koneksi PCI. Beberapa kartu grafis menggunakan PCI, tetapi kebanyakan kartu grafis baru terhubung ke slot AGP. Slot PCI ditemukan di bagian belakang komputer Anda dan sekitar 3,5 “panjang dan sekitar 0,5” tinggi. Jadi sebelum Anda pergi membeli kartu ekspansi Firewire, pastikan Anda memiliki setidaknya satu slot PCI yang tersedia. Berfungsi untuk untuk menangani beberapa perangkat  keras.
  • Flash Disk
    Flash Disk adalah perangkat penyimpanan data yang meliputi memori flash terintegrasi dengan Universal Serial Bus (USB) interface. USB flash drive biasanya dilepas dan ditulis ulang, dan secara fisik jauh lebih kecil daripada cakram optik. Berfungsi untuk menyimpan data dengan kapasitas terbesar 32 MB-16GB.
  • Modem
    Modem adalah perangkat yang memodulasi sinyal analog carrier untuk mengkodekan informasi digital dan demodulates sinyal untuk decode informasi yang ditransmisikan. Berfungsi untuk Mengubah sinyal analog menjadi sinyal  digital dan mengubah sinyal digital  menjadi analog dari kabel telepon sehingga  komputer dapat terhubung dengan internet. Bentuk modem itu sendiri hampir sama dengan bentuk flash disk.
  • Pita magnetic
    Pita magnet adalah bahantara stroran sekunder yang biasa digunakan, terutamanya untuk menyimpan data yang besar bilangannya dalam tertib jujukan yang telah ditetapkan. Berfungsi untuk menyalin data yang ukurannya 3  GB dari harddisk
  • Zip drive
    Zip drive adalah media-kapasitas sistem penyimpanan removable floppy disk yang diperkenalkan oleh Iomega pada akhir 1994. Awalnya, disk Zip diluncurkan dengan kapasitas 100 MB, tetapi kemudian meningkat versi ini untuk pertama 250 MB dan kemudian 750 MB. Berfungsi untuk menyimpan data.
  • Cache Memory
    Cache Memory adalah memory yang berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara). Walaupun ukuran filenya sangat kecil namun kecepatannya sangat tinggi. Dalam terminologi hadware, istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan yang lebih rendah. Fungsi dari Cache Memory adalah sebagai tempat menyimpan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor.
  1. Pengertian Output
    Output adalah istilah yang menunjukkan baik keluar atau perubahan yang keluar sistem dan yang mengaktifkan / memodifikasi proses. Ini adalah sebuah konsep abstrak, digunakan dalam pemodelan sistem desain dan sistem eksploitasi.

Jenis-jenis, Fungsi dan Gambar Output

  • Monitor
    Monitor adalah sebuah layar yang mirip seperti televisi tapi biasa digunakan untuk komputer.
  • Printer
    Printer adalah sebuah perangkat yang membuat representasi dari sebuah dokumen elektronik pada media fisik. Printer individual dirancang untuk mendukung pengguna lokal dan jaringan pada waktu yang sama. Beberapa printer dapat mencetak dokumen yang disimpan pada kartu memori atau dari kamera digital dan scanner. Berfungsi Untuk mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi
  • Plotter
    Plotter adalah printer komputer untuk grafis vektor pencetakan. Di masa lalu, komplotan yang digunakan dalam aplikasi seperti desain dibantu komputer, meskipun mereka umumnya telah diganti dengan printer format lebar konvensional. Berfungsi untuk mencetak gambar ukuran yang  cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi  bangunan.
  • Speaker
    Speaker yang saya maksud ini adalah speaker eksternal ke komputer, yang menonaktifkan kesetiaan yang lebih rendah built-in speaker. Mereka sering memiliki amplifier internal yang rendah daya. Sambungan audio standar adalah 3,5 mm (sekitar 1/8 inci) konektor telepon stereo sering kode warna hijau kapur (mengikuti standar PC 99) untuk kartu suara komputer. Berfungsi Untuk memberikan informasi dalam bentuk suara.
  • Proyektor
    Proyektor adalah sebuah alat yang sering kita gunakanan untuk menampilkan gambar lebih besar dari yang ada dilayar monitor. Proyektor juga digunakan di bioskop. Berfungsi untuk menampilkan bayangan sebuah  gambar positif yang dapat ditembus  cahaya.

Komponen Lainnya

  1. Komponen model
    Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yag sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  2. Komponen teknologi
    Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, neghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
  1. Komponen hardware
    Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi.Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih mudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.
  1. Komponen software
    Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.
  1. Komponen basis data
    Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di pernagkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System).
  1. Komponen kontrol
    Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, te,peratur, air, debu, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itu sendiri, ketidak efisienan, sabotase dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa halhal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur
    terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.

ELEMEN SISTEM INFORMASI

Sistem informasi terdiri dari elemen-elemen yang terdiri dari orang, prosedur, perangkat keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Semua elemen ini merupakan komponen fisik.

1. Orang
Orang atau personil yang di maksudkan yaitu operator komputer, analis sistem, programmer, personil data entry, dan manajer sistem informasi/EDP

2. Prosedur
Prosedur merupakan elemen fisik. Hal ini di sebabkan karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik seperti buku panduan dan instruksi. Ada 3 jenis prosedur yang dibutuhkan, yaitu instruksi untuk pemakai, instruksi untuk penyiapan masukan, instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer.

3. Perangkat keras
Perangkat keras bagi suatu sistem informasi terdiri atas komputer (pusat pengolah, unit masukan/keluaran), peralatan penyiapan data, dan terminal masukan/keluaran.

4. Perangkat lunak
Perangkat lunak dapat dibagi dalam 3 jenis utama :
a. Sistem perangkat lunak umum, seperti sistem pengoperasian dan sistem manajemen data yang
memungkinkan pengoperasian sistem komputer.
b. Aplikasi perangkat lunak umum, seperti model analisis dan keputusan.
c. Aplikasi pernagkat lunak yang terdiri atas program yang secara spesifik dibuat untuk setiap aplikasi.

5. Basis data
File yang berisi program dan data dibuktikan dengan adanya media penyimpanan secara fisik seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya. File juga meliputi keluaran tercetak dan catatan lain diatas kertas, mikro film, an lain sebagainya.

6. Jaringan komputer
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s