Sistem Informasi Manajemen

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu Sistem Informasi Manajemen. sebelum saya menjelaskan apa itu sistem informasi manajemen sebaiknya kalian mengetahui penegrtian satu persatu dari kata SISTEM, MANAJEMEN DAN INFORMASI.

Pengertian Sistem

Sistem berasal dari bahasa latin yaitu systema dan bahasa yunani sustema. pengertian sistem adalah adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Adapun pengertian dari para ahli sebagai berikut :
Pengertian Sistem Menurut Davis, G.B: Sistem secara fisik adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran.
Pengertian Sistem Menurut Harijono Djojodihardjo: Suatu sistem adalah sekumpulan objek yang mencakup hubungan fungsional antara tiap-tiap objek dan hubungan antara ciri tiap objek, dan yang secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan secara fungsional.
Pengertian Sistem Menurut Lani Sidharta: Sistem adalah himpunan dari bagian-bagian yang saling berhubungan yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama.
Pengertian Sistem Menurut Murdick, R.G: Suatu sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau procedure-prosedure/bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau barang.
Pengertian Sistem Menurut Jerry Futz Gerald: Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
Pengertian Sistem Menurut Indrajit: mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
Pengertian Sistem Menurut Jogianto: mengemukakan bahwa sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata adalah suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.

Pengertian Informasi

1. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti dan bermanfaat bagi manusia (Husein dan Wibowo, 2002).
2. Informasi adalah data yang telah diolah dan dianalisa secara formal, dengan cara yang benar dan secara efektif, sehingga hasilnya bisa bermanfaat dalam operasional dana manajemen (Sabarguna, 2003).
3. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau di masa mendatang (Davis, 2002).

Informasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut (Sabarguna, 2003):

a. Data yang telah diolah
b. Bentuknya lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerima
c. Menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata
d. Digunakan untuk mengambil keputusan

Pengertian Manajemen

Kata manajemen di ambil dari kata bahasa inggris yaitu “manage” yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.

“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya”

setelah kita mengetahui arti kata satu persatu dari SISTEM, INFORMASI DAN MANAJEMEN sekarang saya akan membahas apa itu Sistem Informasi Manajemen ?

Pengertian Sistem Manajemen Informasi

Sebuah sistem informasi manajemen, atau SIM, adalah sebuah sistem informasi yang selain melakukan semua pengolahan transaksi yang perlu untuk sebuah organisasi, juga memberikan dukungan informasi dan pengolahan untuk fungsi manajemen dan pengambilan keputusannya. Gagasan sebuah system informasi yang demikian itu telah ada sebelum munculnya komputer.

Namun komputer membuat gagasan tersebut menjadi kenyataan. Organisasi selalu membutuhkan sistem-sistem untuk mengumpulkan , mengolah, menyimpan, melihat kembali, dan menyalurkan informasi. Komputer telah menambahkan sebuah teknologi baru dan ampuh pada system informasi. Akibatnya, sebuah system informasi berdasarkan komputer akan betul-betul berbeda dengan sistem-sistem yang diolah secara manual atau elektro-mekanis.

Sistem informasi manajemen digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida, diimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi untuk pengolahan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya; lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari; lapisan ketiga terdiri dari sumber daya system informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen; dan lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat puncak manajemen.

Disini saya akan memberikan satu contoh kepada kalian..bulan lalu saya telah menyelesaikan praktik kerja lapangan di perusahaan
PT. Jasa Marga Tbk. Untuk mencapai tujuan usaha Perusahaan, Jasa Marga mengembangkan strategi usaha yang dijabarkan secara rinci ke dalam bidang-bidang usaha sebagai berikut:

Bidang Operasional
Strategi usaha yang dianut Jasa Marga di bidang operasional bertujuan untuk meningkatkan mutu maupun efisiensi pelayanan jalan tol, dalam rangka terus meningkatkan serta memperlancar arus kendaraan yang melintas di setiap ruas Jalan Tol Jasa Marga. Hal ini
diupayakan antara lain melalui penerapan teknologi terkini yang dapat menunjang pengoperasian jalan tol secara lebih lancar, aman dan nyaman bagi pengguna jalan tol.

Dalam bidang pelayanan lalu lintas, misalnya, penggunaan sistem kamera closed-circuit television (CCTV) di lokasi tertentu sepanjang ruas jalan tol, memudahkan pemantauan
kelancaran arus lalu lintas di setiap jalan tol yang dilakukan dari pusat pengendali informasi lalu lintas atau Traffic Information Center (TIC). Pengoperasian TIC memungkinkan
penyebaran informasi secara cepat dan akurat kepada unit-unit pelayanan Jasa Marga, baik itu berupa informasi mengenai tingkat kepadatan lalu lintas bagi pengguna jalan tol, atau untuk respon cepat tanggap terhadap gangguan jalan tol yang bersifat darurat. Dalam hal ini, Jasa Marga semakin memanfaatkan teknologi dalam melayani kebutuhan pengguna jalan tol akan informasi yang tepat dan terkini.

Melalui peranan teknologi yang ditingkatkan, Jasa Marga juga telah mulai menerapkan sistem pembayaran elektronik secara online, melalui e-Toll Card, yang secara bertahap akan menggantikan penggunaan Kartu Tanda Masuk (KTM) manual. Selain itu, penerapan sistem Gardu Tanpa Orang (GTO) terus dikembangkan, dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Bidang Pengembangan
Dalam hal pengembangan jalan tol baru, strategi usaha Jasa Marga adalah pertama-tama mengidentifikasikan rute-rute yang dianggap potensial baik dari segi volume lalu lintas maupun tingkat pengembalian investasi (IRR). Prioritas pertama Jasa Marga diletakkan pada ruas-ruas jalan tol yang memiliki IRR yang paling baik diantara beberapa pilihan pembangunan ruas jalan tol baru.

Bidang Keuangan

Di bidang keuangan, Strategi usaha Jasa Marga adalah menggalang sumber dana yang paling efisien dari segi biaya dana, antara lain melalui pinjaman bank, penerbitan surat hutang, penjualan saham Perseroan selain juga mengandalkan arus kas dari hasil usaha sendiri.

Demi meningkatkan efisiensi keuangan, Jasa Marga terus mengupayakan sumber-sumber selain dari pendapatan tol. Hal ini antara lain diupayakan melalui pemanfaatan lahanlahan
jalan tol untuk berbagai kegiatan usaha seperti tempat peristirahatan, lokasi SPBU, penempatan ruang iklan serta jalur kabel serat optik telekomunikasi.

Dari segi efisiensi biaya dana, penarikan pinjaman jangka pendek (hutang bank) dilakukan saat masa pembangunan jalan tol, sementara re-financing dengan pinjaman jangka panjang dilakukan setelah jalan tol beroperasi. Dengan demikian, Perseroan senantiasa memaksimalkan kekuatan keuangan perusahaan melalui perolehan pendanaan yang
paling efisien dari segi biaya.

Bidang Organisasi, SDM dan Lain-lain
Dalam bidang organisasi dan pengelolaan korporasi, Jasa Marga akan menerapkan organisasi Kantor Pusat sebagai Investment Holding Company dan Kantor Cabang/Perusahaan Anak sebagai SBU (strategic business unit) operasional. Sistem
organisasi tersebut memberikan kewenangan yang lebih besar kepada kantor cabang sebagai salah satu strategi untuk menuju ke bentuk organisasi yang lebih modern. Hal ini memudahkan pencapaian sasaran-sasaran usaha di tingkat operasional, dan membebaskan Kantor Pusat untuk fokus pada pengembangan serta penerapan kebijakan usaha sesuai program kerja.

Pelaksanaan kebijakan Perusahaan serta standar baku mutu operasional dilakukan oleh sumber daya manusia yang terlatih dan berpengalaman. Untuk itu, Jasa Marga menumbuhkan budaya knowledge secara berkesinambungan, menjadikan Perseroan sebagai organisasi yang tidak pernah berhenti belajar (learning organization), dan mendayagunakan unit-unit operasional sebagai upaya empowerment dalam rangka memastikan pertumbuhan jangka panjang yang berkesinambungan.

demikian pengertian sistem informasi manajemen dan satu contoh penerapan sistem informasi manajemen dari perusahaan PT. Jasa Marga Tbk. semoga berguna dan bermanfaat bagi kalian semua.

sumber :

http://www.pengertianahli.com/2013/08/pengertian-sistem-menurut-para-ahli.html?m=1

http://www.ut.ac.id/html/suplemen/adpu4442/pengertian%20informasi.htm

http://www.revolsirait.com/pengertian-manajemen/

http://www.hasbiashshiddiqyhasanbassis.blogspot.in/2013/10/pengertian-dan-8-definisi-sistem.html?m=1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s