Kekuatan Air yang Tersembunyi …

Berbicara tentang air, kita pasti langsung mengingat semua yang kita lakukan di dunia ini. Semua kegiatan yang kita lakukan pasti berhubungan dengan air, misalnya, mandi, minum, mencuci, dll.

Image

Jika kita melakukan kebutuhan manusia dengan air itu merupakan sebagian kecil dari fungsi air, karena kita menggunakan jumlah air itu dengan jumlah yang sedikit.

Jika kita menggunakan nya dengan jumlah yang sangat banyak kita akan menemukan kegunaan air yang sangat luar biasa, seperti yang akan saya bahasa di blog saya kali ini mengenai Tenaga Air.

Tenaga air adalah energy yang diperoleh dari air yang mengalir. Pada dasarnya, air di seluruh permukaan Bumi ini bergerak (mengalir). Di alam sekitar kita, kita mengetahui bahwa air memiliki siklus. Dimana air menguap, kemudian terkondensasi menjadi awan. Air akan jatuh sebagai hujan setelah ia memiliki massa yang cukup. Air yang jatuh di dataran tinggi akan terakumulasi menjadi aliran sungai. Aliran sungai ini menuju ke laut.

Tenaga air yang memanfaatkan gerakan air biasanya didapat dari sungai yang dibendung. Pada bagian bawah dam tersebut terdapat lubang-lubang saluran air. Pada lubang-lubang tersebut terdapat turbin yang berfungsi mengubah energi kinetik dari gerakan air menjadi energi mekanik yang dapat menggerakan generator listrik. Energi listrik yang berasal dari energi kinetik air disebut “hydroelectric”. Hydroelectric ini menyumbang sekitar 715.000 MW atau sekitar 19% kebutuhan listrik dunia. bahkan di Kanada, 61% dari kebutuhan listrik negara berasal dari Hydroelectric.

Manusia dulu telah menyadari benar potensi yang terkandung dalam air. Ketika itu, air dijadikan sebagai bahan pengairan lahan pertanian yang mereka miliki.selain itu mereka memanfaatkan energy air untuk menggerakkan kincir-kincir yang mereka buat.

Image

Potensi besar yang terkandung dalam sumber energy air di kembangkan oleh insinyur untuk membawa nilai tambah bagi masyarakat. Meskipun demikian energy itu dapat diubah dari energy satu ke energy lain nya sehingga bisa lebih bermanfaat untuk kehidupan manusia. Ide dasarnya adalah mengubah energy air yaitu energy mekanik menjadi energy listrik.

Dengan adanya energy mekanik, air akan bergerak dan menuju ke tempat yang lebih rendah. Air tersebut kemudian menabrak sudut-sudut kincir.  Akhirnya kincir itu bergerak dan menggerakkan generator yang ada didalamnya. Akibat gerakan generator tersebut, dihasilkan gelombang listrik melalui mekanisme tertentu seperti yang dijelaskan oleh hukum Faraday.

Hukum aruhan Faraday menerangkan bahawa daya gaya elektrik dalam gelung tertutup berkadar terus dengan kadar perubahan fluks magnet menerusi gelungan.

Selain tenaga air saja, ada juga tenaga yang disebut dengan tenaga dua potensial yang berasal dari tenaga ombak dan tenaga sungai. Tenaga ombak merupakan tenaga yang bisa menghasilkan dua terawatts energy setiap tahun nya, yang berarti dua kali lipat dari produksi listrik di dunia saat ini. Hal ini setara dengan energy yang dihasilkan oleh 2000 pembangkit tenaga minyak, gas, batu bara bahkan nuklir sekali pun.

Sementara itu, tenaga yang kedua adalah tenaga sungai yang bisa menghasilkan 16% listrik di dunia dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga air. Tenaga sungai ini menggunakan system energy air yang bergerak dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Dengan demikian semakin banyak air yang mengalir dari tempat tinggi ke rendah, semakin besar listrik yang dihasilkan. Akan tetapi, bendungan yang beroperasi untuk tenaga air ini dapat menenggelamkan ekosistem yang seharusnya dihitung sebagai bagian dari komunitas. Oleh sebab itu dibutuhkan hidro kecil, yakni system energy air yang tidak membutuhkan banyak air dan aliran alami sungai, tetapi bisa menghasilkan listrik yang memadai.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, sebener nya sumber energy air tidak hanya berguna untuk manusia dan lingkungan hidup dalam hal mengonsumsinya atau menggunakan saat mandi. Sumber daya air juga dapat di transformasikan ke dalam bentuk energy lain sehingga bisa dimanfaatkan demi kebutuhan sehari-hari, seperti energy listrik yang digerakkan oleh turbin air atau kanal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s