Selalu Bersama ku, Musicc yoooooo !!!

wassssssssssssuuuuuuuuuuuuuppppppp !!!

ketemu lagiiii >.<, bagaimana kabar pembaca semua ?? baik kan ??
dan pasti nya selalu happy setiap hari seperti judul yang kita bahas kali ini..
sekarang saya akan membahas tentang hobiku, yaitu mendengarkan, memainkan dan menikmati sebuah MUSIK …
sekarang saya akan membahas tentang segala tentang musik …
ayo ayo yang suka sama musik baca yaaa pembahasan yang satu ini…
Let’s Gooooo !!!

sebelum kita membahas musik, kita pastinya intip dulu semua tentang musik, tenang pembaca, aku akan membahas nya dengan detail dan pasti nya happy..
jadi pembaca gak bakal bosen sama pembahasan nya …
oke kita mulai dari apa sih musik dan darimana asalnya ???

Musik

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern homo sapiens yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tiada siapa tahu bila manusia mula mengenal seni dan musik. Dalam kehidupan yang berpindah-pindah, mereka mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kaki kering hewan buruan yang menjadi makanan mereka kemudian meniupnya dan mengeluarkan bunyi. Ada juga yang mendapat inspirasi ketika memperhatikan alam dengan meniup rongga kayu atau bambu yang mengeluarkan bunyi. Kayu dibentuk lubang tiup dan menjadi suling purba.

waaaah ternyata nenek moyang kita dulu udah kenal musik, hebat kan ??
sekarang saya akan membahas tentang apa saja aliran musik yang ada di dunia ???
pasti nya buanyaaaak banget …
gotta gooooo !!!

Macam-Macam Genre Musik Di Dunia

Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:

  • Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar
  • Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik

Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali. Musik menurut Aritoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Aliran Musik

1. Musik Metal
    Metal merupakan aliran musik yang lebih keras dibandingkan dengan Rock walau terdapat juga band metal yang memiliki lagu dengan nyanyian yang terkesan slow. Genre Metal yang dikategorikan keras dimana lagunya memiliki vocal ala scream, growl dan yang terbaru adalah pigsqueal dimana vokal ini lebih banyak digunakan di aliran hardcore, post-Hardcore, screamo, metalcore, deathcore, death metal, black metal, electronis hardcore dan lainnya.  metal juga salah satu aliran musik yang sangat mendunia. Musik Metal sudah menarik perhatian para generasi muda selama lebih dari 50 tahun. Bahkan hingga saat ini, Musik Metal telah bercabang menjadi sub genre yang berbeda.

Sub Musik Metal :

Black metal

berkembang dari thrash metal. Black metal tidak begitu dingin dan brutal seperti thrash, walaupun masih dianggap sebagai genre ekstrem. Sound yang dihasilkan adalah kombinasi bass dan vokal tremolo biasanya menjerit atau berteriak. Tema Black Metal biasanya supranatural atau sesuatu yang gaib.

Karakter Black Metal

Berikut ini gaya dan ciri-ciri permainan band-band Black Metal:

Gitar

  • Cepat, di dalam Rhytm gitar yang cepat, terselip melodi gitar yang samar-samar dan lama-lama berubah menjadi Alternate picking dan tremolo pick
  • Distorsi yang banyak memainkan Power Chord.
  • Seteman gitar sama persis seperti Death metal. Di Drop D atau Drop C atau lebih rendah lagi.

Drum

  • Double bass drum sangat tipis jika dimainkan, sangat bertenaga, kadang bersama-sama dengan pukulan Snare Drum dengan gaya meledak-ledak (hentakan keras). Kadang kita hanya akan mendengarkan bass drum yang berbunyi sedetik.
  • Kadang, drum juga bisa bermain sangat lambat, Tergantung suasana musik.
  • Bahkan ada kalanya band-band seperti Burzum atau Xashtur sering tidak menggunakan drum dibeberapa lagu.
  • Beberapa band menggunakan drum mesin untuk performa lebih baik.

Lirik, Vokal

  • Lirik dinyanyikan dengan vibra di tenggorokan . Bernuansa kikir, setan yang mengingatkan kepada penyiksaan, dan ini sudah menjadi standar band-band Black Metal.
  • Ada yang dinyanyikan bersatu seperti simponi. Lalu band-band Black metal menamakanya Symphony Black Metal
  • Banyak juga yang sering dinyanyikan laki-laki dan perempuan seperti lagu-lagu simponi Gregorian.
  • Sering ada efek di vokalnya dan membuat suara seperti Atmospher.
  • Lirik sering mengambil kata-kata yang berbau setan, penyembahan berhala, dewa-dewa kuno, tema gaib yang mengutuk agama Kristen (Anti Kristus).
  • Lirik bertema perang, udara dingin, kegelapan, hutan, dan lingkungan alami di eropa.
  • meminum darah segar membuat suara menjadi lebih serak atau hanya sebagai atribut aliran musik tersebut.

Keyboard

  • Biasanya setingan keyboard, biola, choir, dan organ menyerupai setelan musik gereja supaya meniru suara Kathedral dan orkestra yang terasa sejuk, dingin, samar dan menyedihkan.

Death Metal

terkait erat dengan thrash metal. Cenderung lebih brutal, dengan progresi akord aneh dan campur aduk. Seperti banyak genre Metal lainnya, kata-kata dari lagu-lagu mencakup tema-tema yang berhubungan dengan klenik dan sisi gelap sifat manusia.

Beberapa subgenre death metal:

  • Techinal Death Metal – Death Metal yang dikembangkan dengan nada-nada diatonis, merupakan perkembangan dari musik Death Metal ke yang lebih kompleks. Seringkali diasosiasikan sebagai penggabungan antara death metal dengan progressive rock dan jazz fusion.
  • Melodic death metal – heavy metal dicampur dengan beberapa unsur Death Metal, misalnya death growl dan blastbeat
  • Progessive Death Metal – gabungan antara death metal dan progressive metal
  • Brutal Detah Metal – Brutal Death Metal merupakan perkembangan dari Death Metal itu sendiri. Brutal Death Metal merupakan salah satu perkembangan yang berhasil menghasilkan perkembangan lagi di genre Death Metal. Brutal Death Metal menghasilkan Slamming-Gore Brutal Death Metal, Slamming-Groove Technical Brutal Death Metal, Slamming Goregrind, seperti PALASIK dari bukittinggi.
  • Deathcore – gabungan antara metalcore/groove metal dengan death metal, merupakan genre Death Metal yang lebih menjurus kepada musik Post Hardcore.
  • Death/Doom – gabungan antara doom metal dan death metal
  • Blackened Death Metal – Blackened Death Metal merupakan usul-usul yang dilakukan oleh band-band Death Metal yang ingin menggabungkan kembali unsur Black Metal pada Death Metal seperti yang terjadi pada Era Pertama Death Metal, di mana Death Metal masih tercium bau-bau Black Metal.

Doom Metal

menekankan emosi, melankolis dan depresi. Biasanya tempo lambat dengan muram harmoni. Doom metal memiliki tipe yang sama seperti kematian dan vokal black metal. Alat musik klasik juga banyak digunakan di Doom metal untuk meningkatkan suasana hati dari musik.

Folk Metal

dimulai sebagai fusi folk rock, power metal, dan black metal. Sekarang adalah istilah yang diberikan kepada band bertema folk yang menggunakanlirik dan tema, termasuk instrumen yang berbasis folk.

Glam metal

yang populer di tahun 80-an dan juga dikenal sebagai Hair Metal. Banyak dari anggota band Galm Metal yang menggunakan makeup, mirip dengan band-band glam rock 70an dan Idols seperti Alice Cooper.

Heavy metal

adalah asal dari genre-genre Musik Metal dan asal mula nama musik metal. Vokal yang Keras dan serak, dengan solo gitar yang panjang adalah karakter heavy metal. Kata-kata dari lagu sering tidak terfokus pada tema tertentu.

Industrial Metal

menggunakan distorsi suara gitar, synthesizer dan mesin drum. Industri sangat dipengaruhi oleh teknologi dan industri musik.

Metalcore

Metalcore band menggunakan vokal dan irama Metal Hardcore Amerika dengan instrumen, seperti gitar yang digunakan dalam metal thrash Eropa.

Neoklasik Metal

menggunakan bagian-bagian dari musik klasik musik metal normal.

Nu Metal

ini sangat sedikit hubungannya dengan Heavy Metal dan terutama dipengaruhi oleh Hip Hop.

Power metal

lebih bersemangat dan menggunakan vokal yang jelas. Power metal menggunakan fiksi ilmiah atau fantasi tema dan inspirasi bagi pendengarnya.

Progressive metal

sangat canggih dan kompleks. Vokal yang bersih dan sering bersandar terhadap filsafat atau politik. Progressive metal sangat mirip dengan rock progresif.

Thrash Metal

adalah Heavy Metal dikombinasikan dengan hardcore punk. Thrash biasanya kompleks dengan banyak tempo. Kata-kata yang diucapkan biasanya dengan berteriak, walaupun mereka tetap dalam lagu dan melodi. Thrash juga genre metal yang pertama untuk menggunakan double bass drum dalam musik mereka.

Grunge

Tahun 1990-an ketika wabah musik Grunge yang awalnya adalah percampuran kental antara Heavy Metal dan Post-Punk bahkan Hardcore bermunculan di Seattle, walaupun sedikit cenderung ke Alternative Metal. Band Grunge dari Seattle, seperti Nirvana, Sounfgareden, Peral Jam, dan Alice in Chains sebelum band itu ada sebenarnya pure grunge yang berbasis punk sudah ada oleh band-band seperti Malfunskhun dan Green River setelah itu ada Temple of the DOg Mad Season, Mudhoney sampai Melvins. Setelah kematian Kurt Cobain musik Grunge jarang datang lalu kembali di-ilhami dengan band-band seperti Skin Yard dan PJ Havey. Jika suatu band memainkan musik Grunge tapi band itu bukan berasa dari Seattle. Nama yang dipakai bukanlah Grunge, tetapi Post Grunge seperti L7, Stone Temples Pilots, Paw, Hole.

2. Klasik

Musik klasik merupakan istilah luas yang biasanya mengarah pada musik yang dibuat di atau berakar dari tradisi kesenian barat, musik kristiani, dan musik orkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.

Musik klasik Eropa dibedakan dari bentuk musik non-Eropa dan musi populer terutama oleh sistem notasi musiknya, yang sudah digunakan sejak sekitar abad ke-16. Notasi musik barat digunakan oleh komponis untuk memberi petunjuk kepada pembawa musik mengenai tinggi nada, kecepatan, metrum, ritme individual, dan pembawaan tepat suatu karya musik. Hal ini membatasi adanya praktik-praktik seperti improvisasi dan ornamentasi ad libitum yang sering didengar pada musik non-Eropa (bandingkan dengan musik klasik india dan musik tradisional jepang) maupun musik populer.

3. Blues

Blues adalah nama yang diberikan untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang diciptakan terutama dalam Afrika-Amerika masyarakat di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dari spirituil , lagu kerja , hollers lapangan , teriakan, dan narasi sederhana berirama balada . The blues di mana-mana… dalam bentuk jazz , R&B , dan rock n roll dicirikan oleh progresif kord tertentu dengan bar blues dua belas progresi akord yang paling umum dengan catatan biru , mencatat bahwa untuk tujuan ekspresif yang dinyanyikan atau dimainkan secara bertahap rata atau menekuk (minor 3 untuk 3 besar) sehubungan dengan lapangan dari skala besar.
Genre blues didasarkan pada bentuk blues tetapi memiliki karakteristik lain seperti lirik tertentu, garis bass dan instrumen. Blues dapat dibagi menjadi beberapa subgenre mulai dari negara untuk blues perkotaan yang lebih atau kurang populer selama periode yang berbeda dari abad ke-20. Paling dikenal adalah Delta , Piedmont , dan gaya blues Chicago. Perang Dunia II menandai transisi dari akustik ke electric blues dan pembukaan progresif musik blues ke khalayak yang lebih luas. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, terbentuk suatu hibrida yang disebut revolusi blues rock.
Istilah “blues” mengacu pada “Blues Devil”, yang berarti melankolis dan kesedihan, penggunaan awal istilah dalam pengertian ini ditemukan pada George Colman s ‘satu babak sandiwara Blue Devils (1798). Meskipun penggunaan frase dalam musik Amerika Afrika mungkin lebih tua, telah dibuktikan sejak tahun 1912, ketika Hart Wand s ‘” Dallas Blues “menjadi hak cipta pertama komposisi blues. Lyrics frase sering digunakan untuk menggambarkan suasana hati tertekan .
Musik blues berangkat dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di AS. Penggunaan blue note dan penerapan pola call-and-response (di mana dua kalimat diucapkan/dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan dan kalimat keduanya bisa dianggap sebagai “jawaban” bagi kalimat pertama) dalam musik dan lirik lagu-lagu blues adalah bukti asal usulnya yang berpangkal di Afrika Barat. Di era kini banyak Blues Lovers lahir. Mereka menyimak, belajar, menulis, memainkan, dan bikin album.
Musik blues mempunyai pengaruh yang besar terhadap musik populer Amerika dan Barat yang baru, seperti dapat terlihat dalam aliran ragtime, jazz, “blues rock”, “electric blues”, bluegrass, rhythm and blues, rock and roll, hip-hop, dan country, “reggae”, serta musik rock konvensional.

4. HipHop

Akar hip hop ditemukan di musik Afrika-Amerika dan akhirnya musik Afrika. The griots Afrika Barat adalah kelompok penyanyi dan penyair perjalanan yang merupakan bagian dari tradisi lisan sejak ratusan tahun. gaya vokal mereka adalah sama dengan rapper. The-Amerika tradisi Afrika signifyin ‘ , lusinan , dan puisi jazz semua keturunan dari griots. Selain itu, ‘musik’ komedi tindakan seperti Rudy Ray Moore dan Blowfly dianggap oleh beberapa orang sebagai nenek moyang rap.

Dalam New York City, seperti pertunjukan griot of-kata yang diucapkan puisi dan musik oleh para artis seperti The Last Poets , Gil Scott-Heron dan Jalal Mansur Nuriddin memiliki dampak yang signifikan terhadap hak-hak sipil era pasca- budaya tahun 1960-an dan 1970-an.

1520 Sedwick Avenue adalah sebuah kawasan di New York yang diklaim sebagai tempat awal lahirnya komunitas HipHop. “Disinilah kami berasal”, cetus Clive Campbell, salah seorang yang merelakan lantai satu di rumahnya dijadikan sebuah markas untuk berkumpul. “Kebudayaan Hip Hop berawal dan lahir disini, yang nantinya akan tersebar di seluruh dunia, di sinilah kami barasal karena memang kami tidak memiliki tempat lain untuk bertemu, bukan di tempat lain” sahutnya. Selain nama tersebut, terdapat pula nama DJ Kool Herc yang memperkenalkan turntable pada saat itu di sebuah party pada tahun 1973. Pada awal penampilannya, DJ Kool Herc membawakan lagu-lagu dari James Brown, Jimmy Castor, dan Babe Rooth. Kool Herc pula lah yang akhirnya menciptakan scratch dan bunyi-bunyian aneh yang menimbulkan sebuah sensasi yang luar biasa pada saat itu.

HipHop terasa kurang lengkap tanpa MC. Celah inilah yang dilihat oleh Melle Mel, MC pertama pada dunia Hip Hop. Pada awalnya Melle Mel merasa bingung apa yang akan diucapkannya pada penampilan pertamanya tersebut, namun karena dirinya telah dipenuhi kebosanan dengan peraturan-peraturan dari pemerintah yang mengekang, akhirnya Melle Mel mengeluarkan rasa bencinya pada pemerintah dan pandangannya tentang kehidupan lewat lirik-liriknya. Mulai saat itu lah musik HipHop lebih banyak menceritakan tentang kehidupan disekitar masyarakat kulit hitam dan teriakan-teriakan serta protes suara hati mereka kepada pemerintahan yang berlaku tidak adil. Lirik-lirik musik Hip Hop cenderung keras dan tegas. Itulah Hip Hop.

Hip Hop sebagai kebudayaan diperjelas lagi pada tahun 1983 oleh Black Spades yang merupakan anggota dari Afrika Bambaataa dan The Soulsonic Force lewat track yang berjudul “Planet Rock”. Lagu ini merupakan sebuah musik Hip Hop yang menarik karena memiliki perpaduan antara rap yang sederhana dan irama musik disko yang diciptakan melalui drum electronic dan synthesizer. Pada tahun 1985 berulah dengan teknologi stereo, Run DMC, LL Cool J, The Fat Boys, Herbie Hancock, Soulsonic Force, Jazzy Jaz, dan Stetsasonic yang mengeluarkan album-album andalannya sehingga menjadi legenda musik Hip Hop hingga saat ini.

huuuuuuuuuuuuh -.- sebener nya masih banyak buaaangeeet pembahasan tentang musik..
karena setiap musik yang muncul berasal dari hati dan perasaan yang dituliskan dalam bahasa puisi..
oke, tapi tenang kalau aku punya waktu buat nulis lagi, aku akan membahas yang lebih menarik lagi🙂
seeeee youuuuuuuuuuuuu !🙂

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s