Makin Banyak yaa Manusia di Dunia ..

Haloooo.
bertemu lagi di Blog saya ..
kali ini saya akan membicarakan tentang pertumbuhan penduduk di dunia…
semoga bermanfaat untuk anda.

Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan “per waktu unit” untuk pengukuran. diperkirakan akan mencapai 7 miliar jiwa pada tahun 2012. Terdapat 6,7 miliar penduduk dunia saat ini. AS menempati urutan ketiga untuk jumlah penduduk terbesar dunia yang mencapai 304 juta jiwa setelah India serta China.
Jumlah penduduk dunia mencapai 6 miliar jiwa pada tahun 1999. Ini berarti dibutuhkan waktu  sekitar13 tahun lagi agar jumlah penduduk dunia bertambah 1 miliar jiwa.
Penduduk dunia mengalami pertambahan jumlah 1,2 persen setiap tahunnya. Biro Sensus AS memproyeksikan tingkat pertumbuhan akan menyusut 0,5 persen menjelang tahun 2050. Pada saat itu, India diperkirakan akan mengambil alih China sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

berikut adalah daftar sepuluh negara dengan jumlah penduduk terbesar :

1.   china                 1.336.718.015
2.   india                  1.189.172.906
3.   United States     311.050.977
4.   Indonesia           245.613.043
5.   Brazil                  203.429.773
6.   Pakistan             187.342.721
7.   Nigeria                165.822.569
8.   Bangladesh        158.570.535
9.   Rusia                  138.739.892
10. Japan                 127.469.543

Image

Di dunia ini ada 2 macam kelompok manusia, yaitu Produsen dan Konsumen ..

Setelah Perang Dunia II, manusia makin dipandang sebagai konsumen dan juga sebagai produsen. Industri periklanan dan masmedia menciptakan citra komersial yang mampu mengurangi keanekaragaman individualitas. Kepribadian menjadi gaya hidup, manusia lalu dinilai bukan oleh kepribadiannya tetapi oleh seberapa besar kemampuannya mencontoh gaya hidup. Apa yang kita pertimbangkan sebagai “ pilihan kita sendiri” dalam hal musik, makanan, dan lain-lainnya, sesungguhnya merupakan seperangkat kegemaran yang diperoleh dari kebudayaan yang cocok dengan tempat kita dalam struktur ekonomi masyarakat kita. Misalnya, kesukaan remaja Indonesia terhadap musik “rap” tidak lain adalah disebabkan karena setiap saat telinga mereka dijejali oleh musik tersebut melalui radio, televisi, film, CD, dan lain sebagainya. Gemar musik “rap” menjadi gaya hidup remaja. Lalu kalau mereka tidak menyukai musik “rap”, dia bukan remaja.

Perilaku seseorang ditentukan oleh gaya hidup orang-orang lain yang ada di sekelilingnya , bukan oleh dirinya sendiri. Kepribadiannya hilang individualitasnya lenyap. Itulah manusia modern, demikian menurut pandangan penganut “posmo”. Intinya, teori peran, pernyataan harapan, dan posmodernisme memberikan ilustrasi perspektif struktural dalam hal bagaimana harapan-harapan masyarakat mempengaruhi perilaku sosial individu.

Akibat pertambahan penduduk di Dunia yang semakin meningkat, persaingan dan kompetisi pun semakin ketat dan tak terkendali untuk menjadi yang terbaik, contoh persaingan teknologi antar dunia :

Mexico:

Arkeolog Mexico melaporkan,bahwa mereka melakukan penggalian diantara reruntuhan peradaban Aztec. Setelah melakukan penggalian sedalam 300m mereka menemukan kotak surat. Dapat diambil kesimpulan bahwa 500 tahun yang lalu, suku Aztec sudah mengenal surat menyurat dalam berkomunikasi.

Mesir:

Ahli purbakala Mesir yang telah melakukan penggalian di sebelah patung spinx menemukan kabel telepon pada kedalaman 200m. Bangsa Mesir mengklaim mereka sudah mengenal telepon sejak jaman King Tut.

China:

Setelah melakukan penelitian diantara patung Teracota, ditemukan serat kaca. Bangsa China mengklaim peradaban mereka lebih maju dari bangsa Mesir, karena sudah mengenal fiber optic sejak dinasti Ming.

Indonesia:

Dinas purbakala Pemda Magelang yang melakukan penggalian disamping candi Borobudur sampai kedalaman 100 meter tidak menemukan apa-apa. Dilanjutkan sampai kedalaman 500meter lalu 1000meter. Mereka tetap tidak menemukan sesuatu selain tanah dan batu. Kemudian mereka mengambil kesimpulan, bahwa bangsa Indonesia ternyata paling maju dari bangsa-bangsa di dunia. Sejak jaman dinasti Saylendra bangsa kita sudah menggunakan…. teknologi wireless.

Akibat semakin banyak dunia yang ingin berlomba-Lomba agar dibilang “hebat”, maka timbul masalah dalam sumber daya alam. sumber daya alam yang ada di dunia dikelola oleh manusia dengan tidak wajar dan mengakibatkan alam menjadi rusak. contoh real dari kerusakan alam yaitu Lumpur Lapindo Sidoarjo..

Image

Hasil penelitian Drilling Engineers Club mengungkapkan, luapan lumpur di Sidoarjo, Jawa Timur, diakibatkan oleh kesalahan operasional pengeboran yang disengaja atau intentional default.

Kesalahan utama yang disengaja tersebut memuat tidak dipatuhinya ketentuan dalam prosedur operasi baku yang telah digunakan seluruh industri minyak dan gas di dunia. Pengeboran itu juga dilakukan dengan tidak melaksanakan pemasangan selubung (casing) 9 5/8 inci yang tertera dalam program pengeboran yang disepakati oleh para stake holder dan disetujui BP MIGAS. Lapindo tidak mematuhi kaidah operasional yang telah dibakukan para ahli pemboran sebagai Prosedur Operasi Standar.Selain itu, ada prosedur mencabut atau memasukkan rangkaian pipa bor dan pahat pada saat mencabut string mengalami tambahan beban, tetapi tidak dihiraukan oleh Lapindo. Hal yang lebih parah, batasan tekanan maksimum di permukaan tidak dipatuhi oleh operator dan insinyur pengeboran Lapindo ketika menanggulangi semburan sehingga melebihi kekuatan formasi di bawah selubung 13 5/8 di 1.092 meter yang berakibat terjadinya rekahan sampai ke permukaan yang akhirnya menjadi jalan keluar lumpur dari dalam lubang bor.

Akibat dari bencana Lumpur Lapindo, bayak penduduk sekitar yang mengalami gangguan kesehatan dan juga gangguan material.

Image

akibat semburan lumpur ini membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat sekitar atau perekonomian di Jawa TImur.genangan hingga tinggi 6 meter pada pemukiman, total warga yang dievakuasi sekitar 8200 jiwa, rumah /tempat tinggal yang rusak sebesar 1683 unit, areal perkebunan dan pertanian rusak hingga 200ha, lebih dari 15 pabrik ang tergenang menghentikan produksi, tidak berfungsinya sarana pendidikan, rusak nya sarana dan prasana infrastruktur (jaringan dan telepon), terhambat nya jalan tol Malang-Surabaya yang berakibat pula dengan produksi di wilayah Ngoro.

Lumpur juga berbahaya bagi kesehatan masyarakat,kandungan lgam berat misalnya (Hg) mencapai 2565 mg/liter hg, padaha baku mutunya hanya sampai 0,002 mg/liter hg, hal ini menyebabkan infeksi saluran pernapasan, iritasi kuliy dan kanker, 4 kandungan fenol bisa mengakbatkan sel darah merah pecah (hemolisis), jantung berdebar dan gangguan ginjal.

selain kerusakan lingkungan dan gangguan kesehatan, dampak sosial banjir lumpur juga jangan dianggap remeh. sekitar 100 hari tidak mendapatkan kondisi yang baik, baik menyangkut kepedulian pemerintah, terganggunya pendidikan dan sumber penghasilan, ketidakpastian penyelesaian dan tekanan psikis yang bertubi-tubi, krisis sosial mlai mengemuka. perpecahan warga mulai muncul atas biaya ganti rugi.

Kesimpulan

Dunia saat ini semakin banyak penduduk dan kompetisi semakin ketat, banyak negara yang berlomba-lomba ingin menjadi negara erhebat sehingga menyalahgunakan hak untuk mengelola sumber daya alam, sumber daya alam pun hampir rusak karena ulah manusia itu sendiri. maka dari itu lindungilah alam kita sendiri dengan tubuh kita sendiri, jangan biarkan alam rusak karena kita, karena akan menimbulkan akibat yang negatif bagi manusia pula .

demikian lah pembahasan pertumbuhan penduduk dari saya
semoga untuk para pembaca bisa bermanfaat dan bisa disosialisasikan dalam kehidupan
kita berjumpa lagi dalam pembahasan berikut nya yang pasti lebih menarik.
see youuuuuuuu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s