ANJINGGG !!! Oopps !!!

Haloooo ,
Bertemu lagi di Blog saya.
Di lihat dari judul nya kalian mengira kalo saya berkata kotor ??? oh no no no no … waktu yang lalu saya telah membicarakan tentang makanan kesukaan saya si coklat yang meleleh di lidah, kali ini saya akan membahas tentang binatang kesukaan saya, yaitu Anjing :))))
buat para pembaca yang memiliki anjing atau suka juga dengan anjing, simak pembahasan anjing disini .semua pembahasan tentang Anjing akan saya bahas dan kupas secara tajam di sini . Going Now !!! Let’s Go !!!

seperti biasa kita akan mengenal siapa anjing dan darimana tuh si anjing muncul, baca baik-baik yaa penjelasannya di blog ini.

Asal Usul Anjing

Image

Anjing adalah hewan mamalia yang telah mengalami dosmetikasi dari serigala sekitar 15.000 tahun yang lalu.dengan penemuan fosil dan tes DNA. Penemuan anjing pertama kali di Asia Timur, sekitar Tiongkok. penelitian genetika telah berhasil mengidentifikasi 14 ras dari anjing yaitu, Chow Chow, Sharpei, Akita, Shiba dan Basenji merupakan ras anjing yang tertua. Anjing telah berkembang biak menjadi ratusan ras dari anjing yang tinggi badan nya berberapa puluh cm seperti chihuahua sampai irish wolfhound dengan badan yang mencapai lebih dari satu meter. orang senang memelihara anjing, karena anjing binatang yang pintar. menurut penelitian anjing memiliki kercerdasan cukup tinggi dibanding hewan lain. mereka cukup patuh jika dilatih, anjing pun punya naluri patuh akan perintah karena nenek moyang mereka yaitu serigala hidup dengan cara berkelompok, jadi anjing mudah dilatih dibanding hewan lain .

Allright guys, setelah kita kenalan sama anjing, kita mau menyelam lebih dalam mengenai anjing, siapkan mata, hati, tangan, kaki dan telinga anda untuk selanjutnya karena akan membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi looooh !!

Struktur Anjing

Image

Anjing memliki struktur yang bervariasi karena memiliki ras yang banyak, tetapi jika dilihat secara umum struktur anjing tetap menuruni fisik nenek moyang nya serigala.

Anjing adalah hewan pemangsa dan pemakan bangkai, memliki gigi tajam, rahang yang kuat untuk menyerang dan mencabik-cabik mangsa nya. anjing memliki otot yang kuat, pergelangan kaki yang bersatu sistem kardiovaskuler yang mendukung ketahanan fisik serta kecepatan berlari, dan gigi untuk menangkap dan mencabik mangsa. Bila dibandingkan dengan struktur tulang kaki manusia, secara teknis anjing berjalan berjingkat dengan jari-jari kaki.

Anjing dulu dianggap buta warna looh sama manusia, tetapi penelitian meluluhkan itu semua, ternyata anjing bisa melihat beberapa warna walaupun tidak semuanya.seperti kuning, ungu atau violet, ulta violet. Bagi anjing, warna merupakan sinyal subliminal yang ditangkap untuk membedakan bentuk dari objek

Indera pendengaran sangat kuat, Anjing bisa mendengar suara frekuensi rendah 16Hz hingga 70KHz, Manusia hanya mendengar frekuensi 20Hz-20 KHz. Anjing mampu menentukan sumber suara lebih cepat dari manusia, sekaligus bisa mendengar suara yang sumbernya empat kali lebih jauh yang dapat didengar manusia. Anjing bisa menggerakkan daun telinga nya sehingga bisa langsung menemukan sumber suara itu. Lebih dari 18 otot pada daun telinga memungkinkan anjing memiringkan, memutar, menidurkan, atau menegakkan daun telinga. Indera penciuman Anjing memiliki hampir 220 juta sel penciuman yang sensitif terhadap bau. Menurut hasil penelitian, anjing dapat membedakan dua jenis bau: partikel bau di udara yang menyebar dari orang atau benda, dan partikel bau di tanah yang masih bisa dideteksi setelah beberapa lama. Karakteristik dua jenis partikel bau kelihatannya cukup berbeda. Partikel bau yang ada di udara mudah hilang, tapi mungkin begitu jelas dan tidak bercampur bau-bauan yang lain, sedangkan partikel bau di tanah relatif lebih permanen. Anjing pelacak harus diajak melakukannya secara berulang-ulang dan berhati-hati, karena bau yang melekat di tanah mudah tercemar dengan bau-bauan yang lain.

Perkembangbiakan Anjing

Anjing Jantan :

anatomi alat kelamin jantan dibagi menjadi empat (Ashdown dan Hancock, 1980):
1. Organ kelamin primer yaitu Gonad jantan yang disebut Testes
    Testes adalah organ kelamin primer yang berjumlah dua buah, berbentuk ovoid dan terbungkus dalam skrotum. Ukuran dan berat testes tergantung pada besar hewan, spesies dan umurnya. Letak testes tersebut di daerah prepubis. Secara histologis masa testes dibungkus oleh tunika albuginea, yang mengalami penebalan di daerah tepi proksimal dan disebut mediastinum. Parenkim testes terdiri dari tubuli seminiferi yang menghasilkan dan berisi spermatozoa. Testes sebagai organ kelamin primer mempunyai dua fungsi yaitu penghasil spermatozoa atau sel-sel kelamin jantan dan sebagai penghasil hormon kelamin jantan (testosteron). Spermatozoa dihasilkan di dalam tubulus seminiferus atas pengaruh Follicle Stimulating Hormone (FSH) , sedang testosteron dihasilkan oleh sel-sel Leydig pada jaringan interstitial atas pengaruh Interstitial Cell Stimulating Hormone (ICSH).

2. Kelenjar asesoris yaitu kelenjar prostat
3. saluran saluran reproduksi yang terdiri ats epididimis, vas deferens, ampula, dan urethra
    Epididimis adalah suatu saluran memanjang yang bertaut rapat dengan testes. Terbagi atas bagian kepala (caput epididymis), bagian badan (corpus epididymis) dan bagian ekor (cauda epididymis). Didekat ligamentum testes saluran epididimis membesar dan disebut ductus deferens. Epididimis mempunyai empat macam fungsi yaitu: transportasi, konsentrasi, pendewasaan dan penyimpanan spermatozoa.
    Vas deferens terentang mulai dari ekor ductus epididymis sampai urethra. Bersama-sama dengan pembuluh darah dan syaraf membentuk funiculus spermaticus (spermatic cord) yang masuk ke dalam rongga perut melalui canalis inguinalis. Setelah melalui canalis inguinalis vas deferens membesar dan dinamakan ampula ductus deferentis. Ampula pada anjing kecil dan kurang berkembang (Mc Keever, 1970). Kelenjar asesoris pada anjing yang ada hanya kelenjar prostat. Terletak melintang pada ujung cranial urethra pelvis dan terbagi menjadi dua lobus. Menurut Stabenfeldt dan Shille (1977) sekresi kelenjar prostat ini sangat besar volumenya, kaya akan sodium dan ion-ion chlorida, tetapi rendah kadar asam sitratnya. pH cairan prostat sekitar 6,8,ini berarti pH cairan prostat pada anjing lebih rendah dari pH cairan prostat sapi. Fungsi cairan prostat ini adalah untuk menambah volume cairan ejakulasi; untuk membantu pergerakan, buffer dan untuk membersihkan urethra sebelum ejakulasi.
    Urethra adalah saluran eksretoris bersama untuk urin dan semen. Urethra membentang dari daerah pelvis ke penis dan berakhir pada ujung glans penis sebagai orificium urethra eksternum.

4. alat kelamin bagian luar atau organ kopulatoris yaitu penis
    Penis merupakan organ kopulatoris hewan jantan yang dibentuk oleh jaringan erektil yang disebut corpus cavernosumpenis. Fungsinya sebagai unsur pengeluaran urin,  juga untuk meletakkan semen ke dalam saluran reproduksi betina. Penis terdiri dari akar, badan dan ujung bebas yang berakhir pada glans penis yang banyak mengandung serabut-serabut syaraf dan ujung-ujung syaraf. Pada glans penis anjing terdapat os penis (baculum) yang terpancang dari belakang bulbus glandis sampai ujung kranial pars longa glandis (Mc Keever, 1970). Bulbus clandis berukuran diameter terbesar, yang terdiri dari plexus venosus yang subur dan terbungkus oleh jaringan elastis, sehingga pada saat ereksi penis anjing membutuhkan waktu cukup lama (Grandage,1972).

Anjing Betina

1. Organ kelamin primer yitu gonad yang disebut ovarium, merupakan organ reproduksi primer yang menghasilkan sel-sel kelamin betina yang biasa disebut Ova atau telur dan hormon-hormon betina
    Berbeda dengan testes, ovarium terletak di dalam ruang abdomen, jumlahnya sepasang dan digantung oleh mesovarium. Mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai alat eksokrin yang menghasilkan ovum atau sel telur dan sebagai alat endokrin yang mensekresikan hormon kelamin betina yaitu estrogen dan progesteron. Ovarium anjing berbentuk oval dan pipih, berukuran lebih kurang dua sentimeter dan bergantung pada fase sikIus berahi. Berat ovarium anjing berkisar antara satu sampai delapan gram (Mc Donald, .1980). Ovarium terdiri dari medulla dan cortex, dikelilingi oleh epitel kecambah. Pada medulla terdapat pembuluh darah dan syaraf, sedangkan cortex merupakan tempat pembentukan ovum dan hormon. Ovarium dapat mengandung struktur-struktur komponen yang berbeda pada tingkat perkembangannya. Sel-sel kecambah akan tumbuh dan berkembang dalam mencapai kematangannya berturut-turut folikel primer, sekunder, tersier dan folikel de Graaf. Dengan bantuan hormon estrogen yang cukup yang disekresikan oleh sel-sel theca interna, folikel de Graaf ini akan pecah, sehingga ovum dari ovarium. Peristiwa ini disebut ovulasi.

Ovarium anjing yang baru lahir diperkirakan mengandung 700.000 buah oocyt. Kemudian jum1ah ini menurun menjadi 250.000 pada saat pubertas, 33.000 pada usia lima tahun dan hanya 500 buah pada anjing yang berusia 10 tahun. Hal ini disebabkan oleh kegagalan folikel menjadi matang, tidak. berovulasi dan malah berdegenerasi. Jum1ah folikel de Graaf yang terbentuk pada satu sik1us berahi tergantung pada hereditas dan faktor-faktor 1ingkungan. Pada anjing  3-15 folikel de Graaf matang pada setiap estrus (Mc Donald, 1980). Segera setelah ovulasi rongga folikel diisi oleh darah dan limfe membentuk corpus haemorrhagicum, dan untuk kemudian berubah menjadi corpus 1uteum. Corpus 1uteum anjing mempunyai bentuk agak membulat dengan diameter dua sampai lima milimeter. Jika terjadi fertilisasi, corpus luteum ini akan terus berfungsi untuk mempertahankan kebuntingan. Sedangkan jika ferti1isasi tidak terjadi, corpus luteum tetap akan berfungsi sampai akhir masa estrus (Stabenfe1dt dan Shil1e, 1977).

2. Tuba Fallopii
    Tuba fallopii atau oviduct merupakan saluran kelamin yang paling anterior; mempunyai hubungan anatomik yang intim dengan ovarium dan menggantung pada mesosalpinx. Terbagi atas infudibulum dengan fimbriaenya, ampula dan isthmus. Ovum yang dihasilkan dari proses ovulasi akan ditangkap oleh fimbria. Kapasitasi, fertilisasi dan pembelahan embrio terjadi di dalam tuba fallopii ini. Pengangkutan sperma ke tempat fertilisasi dan pengangkutan ovum ke uterus untuk perkembangan selanjutnya diatur oleh kerja silia dari kontraksi muskuler yang dikoordinir oleh hormon-hormon ovarial, estrogen dan progesteron (Toelihere, 1981).

3. Uterus
    Uterus adalah suatu saluran muskuler yang diperlukan untuk penerimaan ovum yang telah dibuahi, nutrisi dan perlindungan fetus. Selain itu juga berfungsi pada stadium permulaan ekspulsi foetus pada waktu kelahiran (Toelihere, 1981). Uterus terdiri dari cornua, corpus dan cervix uteri. Anjing mempunyai uterus yang tergolong dalam tipe bicornua subsepticus atau bipartitus, dengan cornua yang cukup panjang 10-14 cm dan corpus 1.4-2 cm. Cornua yang panjang ini merupakan penyesuaian anatomik dengan produksi anak yang banyak (Mc Donald, 1980). Cervix uteri adalah urat daging spincter yang terletak dian tara uterus dan vagina dengan panjang sekitar 1.5-2 cm, dan pada anjig mempunyai bentuk lumen yang tidak teratur (Mc Donald, 1980). Fungsi utama cervix adalah sebagai penutup lumen uterus, sehingga mengurangi kesempatan masuknya jasad renik.

4. Vagina atau alat kelamin bagian luar
    Vagina adalah organ kelamin betina dengan struktur selubung muskuler yang terdiri dari bagian vestibulum dan portio vaginalis. Bagian vestibulum yaitu bagian yang berhubungan dengan vulva (vagina anterior) yang panjangnya 5-10 cm. Sedangkan bagian portio vaginalis cervicis yaitu bagian yang berhubungan dengan cervix. Diantara kedua bagian ini terdapat selaput tipis yang disebut hymen, yang karena tipisnya akan robek dan hilang sewaktu hewan mencapai umur dewasa (Hafez, 1980). Pada hewan betina normal dan tidak bunting, mempunyai epitel mukosa vagina yang secara periodik berubah atas pengaruh hormon yang disekresikan ovarium. Sehingga pada anjing, perubahan histologis epitel vagina sangat baik untuk menentukan periode siklus reproduksi (Mc Donald, 1980). Alat kelamin bagian luar terbagi atas vestibulum, vulva dan klitoris. Vestibulum memiliki beberapa otot sirkuler atau seperti spinkter yang menutupi saluran kelamin terhadap dunia luar. Sewaktu kopulasi terjadi, otot-otot pada vestibulum ini berkontraksi, dan ini merupakan salah satu unsur untuk terjadinya proses terkait pada anjing (Kirk, 1970).

Hormon-Hormon Reproduksi

Kegiatan seksual anjing juga dipengaruhi oleh hormon yang akan mengontrol setiap aktifitas organ reproduksi, yaitu :

1. Estrogen. Hormon ini disekresikan oleh ovarium selama estrus, berfungsi untuk menstimulus hypothalamus mensekresikan hormon lain yang akan mendorong terjadinya ovulasi.
2. Progesteron. Hormon ini disekresikan oleh yellow body (badan kuning) pada saat terjadi ovulasi, hormon ini sangat diperlukan untuk memelihara kebuntingan.
3. Gonadotropin. Merupakan hormon yang disekresikan oleh glandula hipofise, berupa FSH untuk menstimulus pertumbuhan folikel dan penghentian proses pematangan, LH mennyebabkan ovulasi.
4. Oxytosin. Hormon yang disekresikan oleh glandula yang sama dengan FSH, menyebabkan dilatasi jaringan pada saat kelahiran, digunakan juga untuk memacu kelahiran.

Siklus Reproduksi Anjing

1. Dewasa Kelamin

Pubertas (dewasa kelamin) adalah suatu periode dalam kehidupan makhluk jantan dan betina, dimana organ-organ reproduksi mulai berfungsi dan perkembangbiakan dapat terjadi (Cole dan Cupps, 1977). Pada hewan jantan pubertas ditandai oleh kesanggupan berkopulasi dan menghasilkan sperma disertai perubahan-perubahan kelamin sekunder lainnya. Pada hewan betina, pubertas ditandai dengan terjadinya berahi dan ovulasi. Anjing mencapai pubertas pada umur 7-9 bulan dengan variasi 6-18 bulan (Kirk, 1970). Sedangkan menurut Mc Donald (1980) pubertas pada anjing dapat terjadi pada umur 6-12 bulan, dan lebih dulu terjadi pada anjing bangsa kecil dibanding bangsa besar. Biasanya, anjing mencapai saat pubertas dalam dua sampai tiga bulan setelah tercapai berat badan dewasa, dan pubertas lebih dulu terjadi beberapa minggu pada hewan betina (Stabenfeldt dan Shille, 1977). Namun demikian pubertas sangat bergantung pada lingkungan, dimana anjing yang hidup bebas (free roaming animals) mencapai dewasa kelamin lebih cepat dibanding anjing yang dipelihara oleh manusia (kenneled animals) (Mc Donald, 1980).

2. Musim Kawin

Musim kawin atau musim kelamin adalah suatu musim dalam setahun dimana hewan menampakkan aktivitas perkawinan. Anjing termasuk hewan monoestrus yang mengalarni dua kali musim kawin (siklus berahi) dalam setahun.

American Kennel Club telah mempelajari siklus berahi pada anjing-anjing Cokcker, Setter, Great Dane dan Pekingese, dan didapatkan bahwa musim kawin dapat terjadi sepanjang tahun. Anjing jenis Airdale dan Beagle dapat memperlihatkan estrus sepanjang tahun dengan frekuensi terbesar pada akhir musim panas dan beberapa pada rnusirn gugur (Mc Donald, 1980). Anjing bangsa kecil cenderung mempunyai musim kawin tiga sampai empat kali dalam setahun, dan bangsa besar hanya sekali setahun. Sebagai contoh, Basenji hanya mengalami satu kali estrus dalam setahun, yang biasanya berlangsung pada musim gugur. Menurut Stabenfeldt dan Shille (1977) sebenarnya terdapat variasi yang besar pada siklus berahi anjing, sekitar 16-56 minggu. Sokolowski, Stover dan Ravenswaay (1977) mempelajari siklus berahi anjing yang dikandangkan. Dari hasil pengamatan didapatkan kesimpulan bahwa anjing-anjing yang dikandangkan atau dibatasi ruang geraknya mernperlihatkan sedikit bahkan hampir tidak mempunyai musim kawin. Dari sini dapat disimpulkan bahwa iklim dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap musim kawin anjing.

Bagaimana penjelasannya ??? hehehe, mengerti kan ?? baca dengan teliti dan cermat supaya kita bisa memperlakukan anjing kita dengan baik dan anjing akan menurut sama kita. oke selanjut nya saya akan membagi tips untuk kalian pecinta anjing tentang makanan yang tidak boleh dikonsumsi bagi anjing peliharaan kita, supaya sehat dan tidak memiliki penyakit

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Untuk Anjing

Lalu, makanan apa saja yang sebaiknya tidak diberikan pada anjing dan kucing?

Cokelat, kopi, dan makanan atau minuman berkafein lainnya
Kandungan theobromine di dalam cokelat dalam jumlah yang besar akan menjadi racun bagi anjing. Selain itu cokelat juga mengandung kafein, bahan yang juga ditemukan pada kopi, teh, dan beberapa minuman bersoda. Tipe cokelat yang berbeda memiliki jumlah theobromine dan kafein yang berbeda. Contohnya, cokelat murni (dark chocolate) dan cokelat pahit (baking chocolate) mengandung lebih banyak kedua senyawa kimia tersebut ketimbang cokelat susu (milk chocolate), sehingga anjing baru akan sakit kalau makan lebih banyak cokelat susu. Namun beberapa gram cokelat saja sudah bisa membuat anjing kecil sakit, jadi tidak ada jumlah atau tipe cokelat tertentu yang terbilang aman untuk anjing. Keracunan cokelat bisa membuat anjing muntah, diare, detak jantung tak beraturan, gelisah, dan kejang. Dalam keadaan yang parah, anjing bisa mati dalam 24 jam setelah mencerna cokelat.

Anggur dan kismis
Makanan ini kelihatannya kecil dan ringan, namun bisa menyebabkan gagal ginjal akut pada kucing dan anjing. Sayangnya, belum ditemukan apa sebenarnya yang menyebabkan buah-buahan ini bisa membuat anjing keracunan. Tanda-tanda klinis biasanya terjadi dalam 24 jam setelah anjing dan kucing memakannya. Setelah itu mereka akan muntah-muntah, diare, dan kelelahan. Yang terburuk, ginjal mereka akan berhenti bekerja.

Alpukat
Ternyata, seluruh elemen dari alpukat sifatnya beracun bagi anjing dan kucing, dari daun, buah, hingga kulit tanamannya. Bila memakan bahan-bahan ini, mereka bisa muntah dan diare.

Bawang putih dan bawang merah
Senyawa kimia di dalam kedua bahan makanan ini bisa merusak sel-sel darah merah pada kucing dan anjing. Sel-sel darah merah yang terpapar senyawa kimia ini bisa pecah atau kehilangan kemampuannya untuk membawa oksigen secara efektif. Bahkan ketika bahan makanan ini sudah dimasak pun tidak mengurangi potensi racunnya. Kadang-kadang, hewan yang sedang sakit diberi makanan bayi. Padahal, makanan bayi ada juga yang mengandung bawang merah atau bawang putih.

Kacang macadamia
Banyak produk cokelat yang diberi isi kacang macadamia. Tidak begitu jelas bagaimana jenis kacang ini bisa meracuni kucing dan anjing, namun biasanya anjing akan mengalami depresi, lemas, muntah, gemetar, nyeri sendi, dan gusi yang pucat. Gejala ini bisa terjadi dalam 12 jam setelah hewan-hewan ini mengonsumsinya. Kadang-kadang, gejala ini bisa mereda tanpa dilakukan perawatan dalam 24-48 jam. Namun tentunya lebih disarankan untuk terus memonitor kondisi hewan peliharaan Anda.

Xylitol
Anda tentu sudah pernah mendengar nama ini, yaitu pemanis buatan yang terdapat pada permen karet, permen pedas, pasta gigi, dan obat kumur. Xylitol bisa membahayakan untuk anjing karena menyebabkan pelepasan insulin secara mendadak, yang memicu hypoglycemia (gula darah rendah). Kerusakan liver juga bisa terjadi pada anjing. Dalam 30 menit setelah memakannya, anjing bisa muntah, mengalami kelelahan, atau tidak bisa diatur. Keracunan xylitol pada anjing bisa fatal akibatnya jika tidak diatasi. Namun, tidak diketahui apakah xylitol juga berbahaya untuk kucing.

Pada umumnya, keracunan makanan pada hewan peliharaan terjadi tanpa disengaja. Mungkin mereka memungut makanan yang dibuang di jalan, atau mengambil sesuatu dari meja makan. Karena itu, simpanlah makanan Anda dengan rapi jika di rumah ada binatang peliharaan. Masukkan ke dalam lemari makan, atau simpan dalam kotak makanan tertutup. Anak-anak juga perlu diwanti-wanti untuk tidak sembarangan memberikan makanan pada anjing dan kucing.

Allright guys, jangan sampai dikasih makanan yang ada diatas yaaaa, supaya anjing kita sehat dan bisa bermain dengan kita… selanjutnya saya akan membahas tentang penyakit yang dialami dengan anjing peliharaan kita ..

Penyakit Pada Anjing

Air Mata Anjing Berlebihan
jika anjing kesayangan Anda sering mengaluarkan air mata yang berlebihan, mungkin saja dia sedang mengalami noda air mata atau tear stain. Kelembaban karena air mata yang berlebihan berkumpul di sekitar mata sehingga mengakibatkan pertumbuhan bakteri dan jamur.

Penyebab :
1.Masalah genetik. Bentuk dari kepala dan mata seekor anjing juga dapat berkontribusi untuk menyumbat saluran air mata dan membanjiri air mata ke daerah bulu di sekitar mata. Masalah ini dapat di turunkan dari indukan.

2. Kutu juga berkontribusi menyebabkan tear stain. Kutu membutuhkan kelembaban untuk bertahan hidup. Ketika air mata anjing keluar secara berlebihan, ada banyak kelembaban di sekitar mata. Hal ini menarik kutu.

 

3.infeksi mata dan telinga akan menyebabkan berlebihan mengelurkan air mata.

Mengatasinya :

1. Anda harus rutin membersihkan noda air mata tersebut dengan menggunakan pembersih khusus untuk tear stain.
2. Bulu yang masuk ke dalam mata dapat menyebabkan iritasi dan air mata yang berlebihan. Guntinglah bulu di sekitar mata. Terlalu banyak bulu di sekitar mata dapat memancing timbulnya kelembaban yang berlebihan.
3. Gantilah selalu air minum anjing dengan air yang bersih untuk mengurangi noda yang disebabkan oleh tingginya kadar mineral dalam air.
4. Berikan makanan anjing dengan menggunakan mangkok dari bahan stainless steel yang lebih mudah dibersihkan dan tidak mudah tergores atau retak sehingga tidak menjadi tempat persembunyian bakteri.
5. Hati-hati menggunakan shampoo anjing dan bahan kimia lain yang dapat masuk ke dalam mata dan menyebabkan keluarnya air mata yang berlebihan.
6. Beberapa orang percaya, memberi dog food alami, kering, tanpa pewarna buatan, pengawet atau zat aditif dapat membantu mengurangi keluarnya air mata yang berlebihan dan noda pada wajah.
7.

Anda juga dapat menambahkan cuka ke dalam minuman anjing, hal ini dipercaya dapat mengurangi noda air mata dikarenakan perubahan pH pada air mata anjing anda.

   
 
   

Penyakit Anjing Dimusim Hujan

Diare biasa nya disertakan oleh munta dan tak nafsu makan, penyakit ini disebabkan oleh Jamur. cegah dengan menjaga keseimbangan flora di dalam pencernaan.
Penyakit Kulit Anjing akan merasa gatal dan menggaruknya sehingga bakteri akan menyerang, biasanya disebabkan oleh jamur. cegah dengan menjaga kondisi kuliat dan bulu tetap kering
Pneumonia radang paru-paru terutama pada anakan anjing, tapi anjing dewasa tetap juga berisiko.
cegah dengan berikan alas pada kandang anjing dan hindari dari angin malam
Distemper dan Parvovirus penyakit ini menyerang anakan anjing dan dewasa juga. cegah dengan berikan vaksinasi yang diulang setiap tahun.

Penyakit Kelenjar Anus Anjing

kelenjar anus anjing dapat mengalami penyumbatan, infeksi dan bernanah. anjing yang terinfeksi akan menjilati daerah anus, menyeret dubur ke lantai dan susah buang air besar.

Anjing Kekurangan Zat Besi

Selama ini para pemilik anjing kurang menyadari tentang pentingnya zat besi untuk tubuh anjing. Karena anjing pun bisa mengalami anemia atau kekurangan zat besi yang bisa menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga anjing mudah terserang infeksi dan penyakit.

Glaukoma Pada Anjing

Gangguan mata glaukoma pada anjing terbagi dalam beberapa jenis. Yakni, primer atau sekunder, serta sudut terbuka atau sudut tertutup(sempit).

Penyakit Periodontal

Penyakit periodontal bersifat kronis dan progresif. Pada stadium yang lanjut, tulang rahang di sekitar tulang gigi akan hancur dan gigi tanggal. Proses ini makan waktu bertahun-tahun. Tulang yang sudah hancur tidak dapat diperbaiki. Namun pengobatan yang tepat secara rutin, dapat mencegah kerusakan yang lebih berat.

Penyakit Pruritus Pada Anjing

Pruritus adalah rasa gatal atau rasa tidak nyaman pada kulit yang merangsang keinginan untuk menggaruk, menggosok, menjilat, atau menggigit bagian tersebut. Pada kondisi normal, pruritus diperlukan anjing untuk membersihkan tubuh dan menghilangkan ektoparasit serta senyawa atau bahan-bahan yang berbahaya

huuuuuuuuuuuuuh…
akhir nya selesai juga pembahasan tentang anjing …
mulai kenalan dari anjing, struktur anjing, reproduksi anjing, makanan anjing sampai penyakit pada anjing ….
ku kira segitu dulu ya pertemuan kita kali ini, mungkin nanti kita akan bertemu lagi dengan pembahasan yang berbeda dan pastinya lebih menarik …
maaf jika ada kesalahan pada penulisan saya..
thanks guys udah baca blog saya … :)))))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s