Dokter Cokelat ???

Image

Halo !!

sekarang di sini saya akan membahas tentang makanan kesukaan atau bisa dibilang terfavorite saya yaitu, cokelat . sebelum kita berbicara tentang cokelat terlalu dalam, pertama-pertama kita akan perkenalan terlebih dahulu dengan yang namanya cokelat. ada pepatah yang mengatakan kalau tak kenal maka tak sayang, maka dari itu kita kenalan dulu yuuuuk sama cokelat ..

saya akan membahas satu per satu semua tentang coklat di blog ini, jadi bagi para pembaca blog ini jangan lewatkan satu kata pun, baca dan perhatikan baik-baik jika anda penggemar coklat🙂 check it out !!!

Cokelat

cokelat adalah sebutan dari hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (theobroma cacao). cokelat pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat mesoamerika sebagai minuman. cokelat telah menjadi rasa yang paling populer di dunia, banyak orang yang menyukai rasa cokelat termasuk saya.

Sejarah Cokelat

cokelat dihasilkan oleh kakao (theobroma cacao) yang diperkirakan tumbuh di amazon utara sampai ke amerika tengah. dokumentasi paling awal tentang cokelat muncul pada penggunaan situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido sekitar 1100-1400 SM. awal nya kakao digunakan tidak untuk minuman, tetapi lebih condong digunakan untuk sumber gula dalam minuman beralkohol.

Cokelat juga menjadi barang mewah pada masa Kolombia-Meso Amerika, dalam kebudayaan mereka yaitu suku, maya, toltec, dan aztec biji kakao sering digunakan sebagai mata uang. Sementara tahun 1544 M, delegasi Maya Kekchi dari Guatemala yang mengunjungi istana Spanyol membawa hadiah, di antaranya minuman cokelat.

Pada tahun 1689 seorang dokter dan kolektor bernama Hans Sloane, mengembangkan sejenis minuman susu cokelat di Jamaika dan awalnya diminum oleh suku apothekari, namun minuman ini kemudian dijual oleh Cadbury bersaudara. Biji kokoa masih sedikit difermentasikan, dikeringkan, dipanggang, dan digiling. Namun, serangkaian teknik lebih rumit pun dimainkan. Bubuk cokelat diemulsikan dengan karbonasi kalium atau natrium agar lebih mudah bercampur dengan air. lemaknya dikurangi dengan membuang banyak lemak kokoa, digiling sebagai cairan dalam gentong khusus, atau dicampur dengan susu sehingga menjadi cokelat susu (milk chocolate).

Nah setelah kita mengenal tentang sejarah cokelat, sekarang kita menyelam lebih dalam ke lautan dari cokelat . ada kandungan apa saja yaaa di dalam cokelat ???… let’s go !!!

Kandungan Cokelat

Di dalam cokelat banyak kandungannya, yaitu :
1. Karbohidrat
2. Protein
3. Lemak, asam oleat, asam stearat dan asam palmitat
4. Vitamin B riboflavin
5. Mineral : kalsium,Fe,Zn
6. Niacin

Cokelat juga mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, feletilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Menurut ilmuwan cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan promosi karena menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, termasuk kandungan anti oksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Wacana di atas telah membahas tentang kandungan dalam cokelat, nah selanjut nya saya akan membahas apa saja manfaat yang bisa ditimbulkan jika kita memakan atau meminum cokelat🙂..

Khasiat Cokelat

1. Antioksidan yang tinggi

ternyata selain rasa cokelat yang enak, coklat juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan coklat yaitu flavanols, sejenis flavanoid yang terdapat pada coklat merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh.

2. Mencegah dan Melawan Kanker

Nah.. ternyata coklat dapat juga melawan dan mencegah kanker layaknya buah anggur merah, bawang putih, blueberry dan teh. Bagaimana coklat dapat melawan dan mencegah kanker. Dari penelitian tersebut coklat dapat menghambat pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat cokelat yang lainya menurut penelitian adalah menurunkan tekanan darah. kandungan coklat yang membuat mood lebih baik ternyata mampu menurunkan tekanan darah.

4. Membuat Panjang Umur

Coklat pun mengandung zat yang mampu memperlambat penuaan yang artinya menjakian kita panjang umur. Konsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.

Tidak hanya itu hasil penelitian yang dilakukan di Belanda yang diikuti 200 pria di atas 20 tahun, menemukan bahwa para pria yang mengkonsumsi sejumlah besar coklat, baik itu berupa cokelat susu dan dark chocolate, hidup lebih lama dan telah menurunkan tingkat penyakitkeseluruhan daripada pria yang makan cokelat dalam jumlah sedikit atau tidak samasekali.

Untuk memperkuat hasil dari penelitian di belanda tersebut, yaitu seorang yang bernama Jeanne Louise Calment salah satu orang tertua dengan umur panjang yang hidup sampai usia 122 mempunyai resep panjang umur, yaitu dia mengkonsumsi dark chocolate sebesar 2,5 pon dalam seminggu.

5. Meningkatkan Gairah/ libido

Coklat juga merupakan afrodisiak, yaitu sebagai peningkat libido seseorang. Menurut penelitian, wanita pecinta coklat memiliki gairah seksual lebih tinggi dari pada wanita yang tidak mengkonsumsi coklat. Mereka mengungkapkan, mengonsumsi sebatang coklat sebelum bercinta dapat memberikan rasa rileks dan kepuasan dalam aktivitas seksual seseorang.

6. Menghilangkan Stress

Coklat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat mengusir stres. Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mereka mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka galau atau bad mood.

Mengapa demikian? Ternyata, cokelat juga mengandung molekul psikoaktif yang tentunya membuat pengkonsumsi cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

7. Mencegah Kerusakan Gigi
Penelitian telah menemukan bahwa theobromine dalam cokelat mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan streptokokus mutans, bakteri yang ditemukan dalam rongga mulut yang memberikan kontribusi terhadap kerusakan gigi.
Nah demikianlah infomarsi tentang cokelat dari saya, semoga setelah membaca artikel yang saya post di blog ini bermanfaat bagi para pembaca dan satu lagi I LOVE CHOCOLATE !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s