Mitos di Indonesia

Pengertian Mitos
Mitos
(bahasa Yunani: μῦθος– mythos) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya

Di sini saya akan menjelaskan beberapa mitos yang ada di Indonesia, yaitu :

Anak gadis dilarang keras makan di depan pintu,
katanya bisa batal dilamar orang alias balik kucing. (ini mitosnya). Kalau dipikir-pikir memang tidak pantas makan di depan pintu, fungsi pintu hanya untuk jalan keluar masuk saja. Kalau memang makan ya di ruang makan atau di tempat yang layak untuk makan. Hubungan dengan yang nglamar balik lagi apa ya ? otomatis balik, semua cowok pasti pengen calon istri yang punya sopan santun, lah kalau makannya di depan pintu dan berdiri pasti ilfeel (ntar disangka kuda, kan makannya kuda berdiri). Karena itu ga jadi ngelamar.

calon pengantin perempuan dilarang keras keramas ketika dekat hari H kenapa ?
katanya supaya tidak turun hujan deras ketika resepsi berlangsung yang bisa mengacaukan acara. Masuk akal tidak ya ? keramas dan hujan ? logikanya kenapa calo pengantin perempuan dilarang membasahi rambutnya (keramas) karena kata penata rias pengantin, kalau rambut yang akan disanggul itu di keramasi maka tekstur rambut jadi halus dan lembek ini menyulitkan si penata rambut memasang sanggul. Jadi ketika hari H si calon pengantin tidak boleh keramas supaya lebih mudah disasak dan dipasang sanggul. (kalau aku mah kerudungan aja pas nikah, biar bisa keramas sesukaku hehehe) urusan hujan cuekin aja, cari bulan nikahnya dimusim kemarau biar ga keujanan.

Kalau nyapu harus sampai tuntas jangan dikumpulin dipojokan, nanti biar rejekinya tidak mampet (ini mitosnya).
Kalau dimarahin sama Ibu, Nenek, atau buyut kamu soal ini jangan marah dulu, pikirin aja yang masuk akal, yang disapu pasti kotoran dan debu kan ? kalau terlalu lama dikumpulin di pojokan setiap kamu nyapu jadinya rumah atau kamar kamu bakal kotor, kalau keadaan kotor pasti bikin malas. Jadinya tidak bisa melakukan sesuatu hal yang bisa menguntungkan, misalnya gara-gara kamar kotor malas belajar bisa jadi kan, akhirnya rejeki baik untuk dapat nilai bagus terhambat kan ? anggap saja begitu.

Seorang Ayah yang pulang kerja, ketika punya baby harus ke kamar mandi dulu untuk cuci tangan dan kaki,
katanya supaya setan dari luar yang ikit di badan si Ayah tidak menakuti bayinya. Logika untuk itos ini mudah saja tentu saja orang yang pulang kerja lewat jalan yang penuh dengan debu dan kotoran, belum lagi kalau macet dan asap kendaraan menempel di baju. Bayi yang baru lahir belum memiliki anti body yang kuat jadi rentann terkena berbagai macam penyakit. Debu dan kotoran yang menempel di baju si Ayah ialah sarang kuman dan virus, jadi harus dihilangkan dulu dengan cara cuci tangan dan kaki, lebih baik lagi kalau mandi dulu, baru timang-timang anak tersayang.

Perut condong ke arah bawah = memiliki kandungan anak laki-laki
Sering orang-orang, terlebih wanita yang dulu hamil, dapat berikan komentar bahwa anda hamil anak lelaki saat lihat perut yang condong ke arah bawah. Memanglah sepanjang ini beberapa wanita yakin perut yang membesar ke arah bawah, bermakna janin yang dikandung type kelaminnya lelaki. Tetapi anggap itu tidak benar. Yang benar yaitu tidak seluruh wanita memiliki jenis kandungan yang sama, terhitung hamil dengan perut condong ke arah bawah. Posisi bayi didalam kandungan tidak memilih type kelaminnya. Wujud perut waktu hamil dapat di pengaruhi oleh berat badan, tinggi badan serta factor genetika anda. Bila pingin tahu jeniskelamin bayi anda, bisa menghendaki pertolongan dokter melewati usg. Cuma saja memanglah sebagian pasangan ada yang lebih suka menebak type kelamin sang janin.

TERONG DAPAT MENYEBABKAN LEMAH SYAHWAT ?
Banyak sekali rumor yang mengatakan apabila seorang lelaki suka mengkonsumsi terong berakibat pada lemah shawat / mandul .Ternyata sudah ada peneliti Dr. Fasich dari Airlangga yang menguji zat Solasodin ( zat dalam buah terong ) ke dalam tubuh tikus percobaan , hasil nya Tikus tersebut tetap bergairah dalam melakukan hubungan sex tetapi Tikus tersebut mengalami kemandulan sementara akibat dari Solasodin

MANDI MALAM DAPAT MENYEBABKAN REMATIK ?
Rematik sebenarnya terdiri dari berbagai jenis dan jenis nya pun tergantung pada penyebab rematik dan sebagian penyebab rematik adalah di sebabkan oleh peradangan sendi , banyak sekali yang menyebabkan peradangan sendi tapi biasa nya di akibatkan karena kekurangan hormon estrogen ,oesteoporosis , faktor genetik , dan jumlah kadar asam dalam darah . Dan mandi malam sebenarnya bukan lah yang menyebabkan rematik , mandi malam hanya akan membuat tulang sendi menjadi nyeri di akibatkan karena hawa malam yang mengakibatkan kurang nya suplai oksigen ke dalam sendi sehingga terjadi penyempitan dan akhirnya menjadi nyeri .

BERSIUL DI MALAM HARI DAPAT MEMANGGIL SETAN ?
Ini tidak benar , tidak perlu peneliti untuk membuktikan ini , kalian saja cukup untuk membuktikan mitos ini . Saya sering bersiul malam hari bahkan pernah melewati kuburan ,  hingga akhirnya  saya di omeli teman , tetapi belum pernah ada kasus penampakan setan yang terjadi dalam hidup saya .

itu lah beberapa mitos yang ada di Indonesia. di sini saya mencoba menjelaskan semua mitos yang ada tidak benar, karena telah di buktikan oleh logika …
sekarang keputusan ada di kalian, masih ingin percaya dengan mitos atau menjalani hidup dengan aktivitas tanpa percaya dengan mitos..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s